Workshop Perencanaan Berbasis Data

Workshop Perencanaan berbasis data di sekolah dapat membantu dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan perencanaan berbasis data di sekolah:

1. Tentukan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai oleh sekolah. Hal ini dapat membantu dalam menentukan data yang perlu dikumpulkan dan dianalisis.

2. Identifikasi data yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran. Data ini dapat mencakup data akademik seperti nilai ujian dan rapor, data absensi, data keuangan, data kepegawaian, dan data lain yang berkaitan dengan pengelolaan sekolah.

3. Tentukan sumber data yang akan digunakan. Sumber data dapat berasal dari catatan sekolah, pengamatan langsung, survei, dan sumber data eksternal seperti data statistik nasional.

4. Analisis data yang telah dikumpulkan. Analisis data dapat membantu sekolah dalam mengidentifikasi masalah yang perlu dipecahkan, menentukan tren dan pola yang berkaitan dengan kinerja sekolah, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

5. Ambil tindakan berdasarkan hasil analisis data. Setelah mengidentifikasi masalah dan area yang perlu ditingkatkan, but sekolah dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki situasi.

6. Evaluasi tindakan yang diambil dan ulangi proses. Evaluasi tindakan yang diambil dapat membantu sekolah dalam mengevaluasi efektivitas tindakan dan membuat perbaikan yang diperlukan.

Finally Dengan melakukan workshop perencanaan berbasis data di sekolah, sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan di SMKN 4 Probolinggo.

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu and capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Scroll to Top