Workshop Penyelarasan Kurikulum Operasional Sekolah Bersama DUDIKA

Salah satu program link and super tersebut yaitu penyelarasan kurikulum bersama DUDIKA dan praktisi akademik. Penyelarasan kurikulum adalah upaya menyesuaikan kurikulum SMK dengan tuntutan DUDIKA yang meliputi kompetensi dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA. Tujuan Penyelarasan Kurikulum yaitu agar kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA.

Sinkronisasi kurikulum ini, merupakan penyelarasan kurikulum yang dilakukan dengan melibatkan pihak industri, selaku pemakai tenaga kerja, agar kompetensi lulusan dapat meningkat dengan baik.

Dunia usaha dan industri (DU/DI) sendiri pun memiliki peran dalam membantu pelaksanaan praktik kerja industri atau magang bagi guru maupun siswa SMK. Mitras DUDI nantinya akan memilih pegawai baru dari siswa SMK sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

Narasumber DUDIKA yang terlibat dalam penyelarasan kurikulum berjumlah 6 sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada di SMKN 4 Probolinggo, diantaranya,
1. Kompetensi Keahlian NKPI bersama Badan Penyuluhan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Banyuwangi
2. Kompetensi Keahlian TKPI bersama PT Wira Sentosa Abadi (Wira Dockyar)
3. Kompetensi Keahlian NKN bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Probolinggo
4. Kompetensi Keahlian APHPi bersama PT Southern Marine Products Kota Probolinggo
5. Kompetensi Keahlian TKR bersama PT Astra Internasional Toyota (Auto 2000)
6. Kompetensi Keahlian DKV bersama CV Cendekia Imaji

Pelaksanaan penyelarasan ini dilakukan selama 2 hari dengan bimbingan dari pengawas pembina yang hadir. Sebab, melalui pendidikan dapat membuka akses lebih luas kepada dunia usaha maupun industri. Pendidikan dan dunia usaha merupakan dua elemen yang tak bisa dipisahkan, sebab dari dunia pendidikan akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan di dunia kerja

Scroll to Top