Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing

Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing

Dalam upaya membekali siswa dengan keterampilan yang relevan di era digital, SMKN 4 Probolinggo menggelar Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam melakukan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi. Sehingga bermanfaat bagi orang lain dan memberikan nilai lebih. Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha.

Dua konsep dasar kewirausahaan yakni pertama peluang, Peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang dimiliki oleh semua orang yang mempunyai jiwa kreativitas dalam dirinya untuk memulai usaha. kedua Kemampuan Menanggapi Peluang.

Elemen Penting

Digital marketing atau pemasaran digital kini menjadi elemen penting dalam dunia bisnis, terutama dengan pesatnya perkembangan teknologi dan internet. Menyadari pentingnya hal tersebut, SMKN 4 Probolinggo berkomitmen untuk memberikan pelatihan agar siap menghadapi dunia kerja atau membuka usaha sendiri. Workshop ini difasilitasi oleh para praktisi di bidang digital marketing yang telah berpengalaman dalam membangun dan mengelola bisnis berbasis online.

Manfaat Workshop Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki empat manfaat sosial; memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta mengubah dan meremajakan pasar. Pertumbuhan Ekonomi. Dengan kewirausahaan, dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.

SMKN 4 Probolinggo mengkombinasikan antara kewirausahaan dengan digital marketing. Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Pemahaman Materi

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Workshop ini terdiri dari beberapa sesi yang dirancang secara komprehensif. Sesi pertama memperkenalkan konsep dasar kewirausahaan digital, belajar tentang pentingnya inovasi, kreativitas, dan strategi dalam mengelola bisnis di lingkungan digital. Selain itu, para peserta juga diajarkan bagaimana memahami target pasar melalui analisis data digital, yang merupakan dasar dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif.

Pada sesi kedua, dibimbing untuk mempraktikkan teknik-teknik pemasaran digital yang sering digunakan oleh para pengusaha modern. Salah satu materi yang menarik perhatian adalah tentang pengelolaan media sosial sebagai alat utama dalam membangun brand dan menarik pelanggan. Para peserta diajarkan bagaimana menciptakan konten yang menarik serta cara menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Scroll to Top