Upacara Bendera 17 Agustus 2022 HUT RI ke 77

17 Agustus 1945 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada hari itu, Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan. Peristiwa tersebut menjadi titik awal Indonesia terbebas dari para penjajahan. Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan dan mensyukuri Peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan meriah, mulai dari melaksanakan upacara bendera hingga melakukan berbagai macam perlombaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta lagu kebangsaan Indonesia pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban mengibarkan bendera Merah Putih bagi setiap warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor, satuan pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah NKRI, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri pada tanggal 17 Agustus. Kini, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh di bulan Agustus dari tanggal 1 hingga 31 untuk memperingati HUT RI.

Selain mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga memasang umbul-umbul dengan pola merah putih pada sepanjang jalan desa, kota dan provinsi serta menghiasi lingkungan dengan nuansa merah putih sebagai representasi dari warna bendera negara sebagai wujud Nasionalisme untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Upacara Bendera

Upacara dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Bangsa Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus di SMKN 4 Probolinggo. Kali ini dilaksanakan dengan peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera. Upacara dipimpin Kepala Sekolah sebagai pembina upacara, dan senat taruna sebagai petugas upacara. Seluruh warga SMKN 4 Probolinggo terlibat dalam pelaksanaan upacara ini, mulai dari taruna, taruni, tenaga pendidik (guru) hingga tenaga kependidikan.

Proses upacara bendera berjalan mirip dengan detik-detik HUT RI yang ada di Istana negera. Mulai dari persiapan pasukan, petugas upacara hingga pembina. Petugas pengibar bendera terbagi kedalam formasi 17, formasi 8, dan formasi 45. Semua tahap upacara dilalui dengan khidmat dan penuh rasa bangga.

Kemerdekaan tak ditujukan untuk orang-orang yang berhenti berjuang. Kemerdekaan adalah untuk mereka yang pantang menyerah menggapai cita. Dirgahayu Indonesia! Upacara Bendera 17 Agustus

Scroll to Top