Serunya Kegiatan P5BK di SMKN 4 Probolinggo

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja yang lebih sering disebut dengan P5BK adalah salah satu bentuk pembelajaran paradigma baru di SMK PK (SMK sebagai Pusat Keunggulan). SMKN 4 Probolinggo yang merupakan salah satu SMK PK di Jawa Timur mulai menyelenggarakan pembelajaran P5BK terhitung mulai Senin tanggal 6 Desember 2021. 

Kegiatan yang bertujuan untuk mencetak pelajar-pelajar unggul dan berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila ini dilaksanakan di sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga berlangsung dengan tertib dan lancar. Para taruna dan taruni mengikuti setiap tahapan kegiatan dengan antusias. Mereka dilibatkan dalam berbagai bentuk tugas yang menghadirkan pengalaman bermakna. 

Para guru yang mengajar pun tak kalah semangat, tugas-tugas yang diberikan kepada siswa mendorong siswa berpikit kreatif serta bekerja sama dalam kelompok. Presentasi dan diskusi selalu mewarnai isi dari kegiatan para siswa. Para siswa seolah tidak jenuh dalam beraktifitas selama kegiatan berlangsung, apalagi para guru lihai dalam menyampaikan materi serta meramu icebreaking untuk mencairkan suasana kala siswa tampak mulai lelah dan jenuh. Sarana prasarana selama kegiatan pun memadai sehingga siswa bebas berkreasi dalam menyelesaikan tugas.

Ada beberapa tema pembelajaran yang diangkat dalam kegiatan yang direncanakan dilaksanakan selama dua minggu ini. Tema-tema tersebut antara lain Kontrak Belajar, Komitmen Belajar, Lihatlah Sekitarmu, Jika Aku Menjadi Kamu, Seberapa Jauh Aku Melangkah, Aku Belajar Dari Kamu dan Suara Demokrasi. Di penghujung kegiatan nantinya akan ada pameran hasil karya berupa poster serta pementasan drama oleh para siswa yang tergabung dalam beberapa kelompok belajar. Mari kita nantikan bersama pameran hasil karya tersebut…

Scroll to Top