Perawatan Sarana dan Prasarana SMKN 4 Probolinggo

SMKN 4 Probolinggo memiliki berbagai macam sarana dan prasarana sekolah sebagai penunjang kegiatan akademik maupun non akademik.

Sarana merupakan alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu. Dimana akan berhubungan langsung sekaligus menjadi penunjang utama dalam suatu aktivitas. Sarana dapat berupa benda bergerak, tidak bergerak dan umumnya bisa dipindah-pindah

Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang menunjang secara langsung atau tidak langsung segala jenis sarana. Umumnya prasarana dimiliki dan dibangun oleh pemerintah dalam bentuk benda tidak bergerak.

Adapun perawatan di bidang sarana dan prasaran itu sangat penting dilakukan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara sarana dengan prasarana yang harus diperhatikan :

1. Bentuk
Pada umumnya, prasarana memiliki bentuk yang lebih besar sehingga susah atau tidak bisa dipindahkan. Sedangkan, sarana merupakan benda yang dapat dengan mudah dipindahkan karena memiliki bentuk yang lebih kecil. Prasarana juga memiliki sifat menetap di suatu tempat sedangkan sarana dapat dibawa dengan mudah.

2. Kepemilikan
Secara umum, sarana dapat dimiliki secara individu, swasta, dan pemerintah. Sedangkan, prasarana pada umumnya dimiliki suatu badan institusi seperti pemerintah dan swasta

3. Fungsi
Sarana memiliki fungsi utama dari sebuah aktivitas tertentu. Sedangkan prasarana pada umumnya memiliki fungsi sebagai penunjang.

4. Biaya Pengadaan
Pembiayaan pengadaan sarana lebih kecil sehingga bisa dilakukan oleh pihak tertentu yang mengadakan suatu kegiatan. Sedangkan, pembiayaan untuk pengadaan prasarana jauh lebih tinggi. Sehingga, pembiayaan sepenuhnya berasal dari suatu institusi tertentu seperti pemerintah.