Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU Sisdiknas/2003). Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan.
Komponen dalam kurikulum operasional ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.
Terdapat beberapa instrumen yang harus dipenuhi dalam proses Implementasi Pembelajaran
A. Penyusunan KOSP
1. Analisis belajar satuan pendidikan
2. Merancang pengorganisasian pembelajaran
3. Mendesain rencana pembelajaran
4. Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional
5. Lampiran
B. Penyusunan modul ajar
1. Informasi umum
2. Kegiatan inti
3. Penutup
4. Lampiran materi
5. Asesmen
C. TP – ATP
1. Analisis capaian pembelajaran (CP) per fase
2. Identifikasi elemen / sub elemen CP per fase dan Identifikasi elemen / sub elemen Profil pelajar pancasila
3. Penyusunan TP dengan linear urutan
4. Penataan ATP dengan kegiatan pembelajaran
Acara ini dihadiri oleh beberapa sekolah dan juga pemateri serta kepala cabang dinas probolinggo serta pengawas pembina