Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2022

MPLS merupakan kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh guru atau tenaga pendidik. Keterlibatan senior diarahkan oleh guru pembina. Hal ini berbeda dengan kegiatan MOS yang direncanakan dan diselenggarakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Senat di SMKN 4 Probolinggo.

Kegiatan MPLS bertujuan memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya, diantaranya :
1. Kegiatan pengenalan warga sekolah
2. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah
3. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa
4. Pengenalan stakeholders sekolah lainnya

Kegiatan MPLS di SMKN 4 Probolinggo dilaksanakan selama 3 hari. Untuk hari pertama pembukaan dan dilanjutkan perkenalan guru dan tenaga kependidikan, selanjutnya masuk kelas masing-masing jurusan untuk pengenalan lebih dalam mengenai karakteristik jurusan. Setiap siswa baru sangat antusias di pada hari pertama. Hari kedua terdapat materi-materi wawasan mengenai kegiatan belajar mengajar di SMKN 4 Probolinggo dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sekolah ini. Pada hari terakhir kegiatan MPLS diisi dengan mini pentas seni yang menunjukkan kreatifitas siswa baru dalam beradaptasi dengan teman dan lingkungan baru.

Ternya terdapat banyak manfaat dengan diadakannya MPLS yakni :
1. Mengenali potensi diri siswa baru
2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
3. Menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Scroll to Top