Latihan Dasar Disiplin Korps SMKN 4 Probolinggo

SMKN 4 Probolinggo telah melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korps sebagai bagian dari upaya untuk membentuk karakter dan kedisiplinan siswa. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa baru dan merupakan langkah awal dalam memperkenalkan mereka dengan budaya dan nilai-nilai kepemimpinan yang diterapkan di sekolah.

Latihan Dasar Disiplin Korps dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala sekolah, para guru pembina, dan instruktur Korps. Suasana khidmat terasa di udara saat para siswa baru diperkenalkan dengan lambang-lambang dan tata tertib yang berlaku dalam Korps di SMKN 4 Probolinggo.

Selama acara ini, para siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab dalam menjalani kehidupan sebagai siswa dan anggota masyarakat. Mereka diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan fisik dan mental yang dirancang untuk menguji ketahanan dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan.

Salah satu kegiatan yang paling menonjol adalah latihan baris-berbaris, di mana para siswa diberikan instruksi untuk mengikuti perintah dengan tepat dan disiplin. Mereka belajar tentang koordinasi gerakan, kekompakan, dan kebersamaan dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

Selain itu, para siswa juga diberikan pelatihan tentang tata tertib berpakaian, sikap hormat, dan etika dalam berkomunikasi. Mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga penampilan dan perilaku yang baik sebagai representasi dari sekolah dan Korps di mata masyarakat.

Pada kegiatan ini para siswa dibekali kebiasaan untuk terus selalu beribadah sesuai agama masing masing. Hal ini dilakukan dengan cara menyampaikan tausyiah dan melaksanakan kewajiban masing masing agama seperti sholat, mengaji dsb.

Selama Latihan Dasar Disiplin Korps, para siswa juga diberikan kesempatan untuk mengenal dan berinteraksi dengan senior-senior mereka yang telah lebih dulu menjadi anggota Korps. Mereka mendapatkan pembimbingan dan motivasi dari para senior dalam menjalani proses pembelajaran dan pengembangan diri di sekolah.

Dengan berakhirnya kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korps di SMKN 4 Probolinggo, para siswa mendapat berbagai pengalaman baru dan pengetahuan yang berguna dalam membentuk karakter dan kedisiplinan mereka. Mereka merasa termotivasi untuk terus berusaha dan berkembang menjadi individu yang tangguh dan bertanggung jawab.

Partisipasi siswa dalam kegiatan ini menjadi bukti komitmen SMKN 4 Probolinggo dalam mendukung pengembangan kepribadian dan kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dengan dukungan dari sekolah dan guru pembina, diharapkan siswa dapat menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Scroll to Top