Kunjungan Industri SMKN 4 Probolinggo

SMKN 4 Probolinggo baru-baru ini mengadakan kunjungan industri bagi siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan Nautika Kapal Niaga (NKN). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses produksi, operasional, dan praktik terbaik dalam industri terkait.

Kunjungan industri dimulai dengan persiapan yang matang, di mana siswa dibekali dengan pengetahuan dasar tentang industri yang akan mereka kunjungi. Para guru pembimbing juga memberikan arahan dan tujuan dari kunjungan tersebut agar siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Para siswa kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan jurusan masing-masing, yang dipandu oleh guru pembimbing. Mereka diajak untuk mengunjungi berbagai perusahaan dan pabrik yang terkait dengan bidang studi mereka.

Di perusahaan-perusahaan yang mereka kunjungi, para siswa diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses produksi, mengamati mesin-mesin yang digunakan, dan berinteraksi dengan para profesional yang bekerja di sana. Mereka juga diajak untuk bertanya-tanya dan memperoleh wawasan tentang tren industri terkini serta peluang karier di bidang tersebut.

Para siswa jurusan DKV mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana desain grafis diterapkan dalam dunia industri, baik itu dalam pembuatan kemasan produk, iklan, maupun desain branding perusahaan. Mereka juga diajak untuk berdiskusi dengan desainer profesional tentang proses kreatif dan strategi pemasaran yang efektif.

Sementara itu, siswa jurusan APHPi diberikan kesempatan untuk melihat langsung operasional pengolahan hasil perikanan, serta memahami proses administrasi dan manajemen di balik layanan yang berkualitas. Mereka belajar tentang pentingnya pelayanan pelanggan, manajemen reservasi, dan perencanaan acara.

Di sisi lain, siswa jurusan TKR mendapatkan pengalaman unik dalam mengamati proses perakitan dan perawatan kendaraan bermotor. Mereka melihat bagaimana teknologi terbaru diterapkan dalam otomotif, serta memahami pentingnya standar keselamatan dan kualitas dalam industri ini. Mereka mengunjungi Solo Technopark untuk mengenal lebih dekat berbagai macam teknologi baru.

Terakhir, siswa jurusan NKN diajak untuk melihat infrastruktur kapal dan tenologi berbagai perusahaan. Mereka mempelajari tentang ilmu pelayaran, manajemen kapal, dan teknologi terbaru yang menjadi tren utama dalam industri kapal niaga di dunia saat ini. Mereka langsung bisa mencoba navigasi kapal dengan ikut pelayaran ini dibimbing oleh kapten langsung.

Dengan berakhirnya kunjungan industri ini, para siswa pulang dengan berbagai pengalaman baru dan wawasan yang berguna dalam mengembangkan karier mereka di masa depan. Mereka merasa termotivasi dan siap untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam dunia industri sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Kunjungan industri ini juga menjadi bukti komitmen SMKN 4 Probolinggo dalam memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas kepada siswanya, dengan menghadirkan pengalaman belajar yang lebih dari sekadar teori di kelas.

Scroll to Top