Kunjungan Industri SMKN 4 Probolinggo Tahun 2023

SMKN 4 Probolinggo telah menggelar kunjungan industri yang bertujuan untuk memperluas wawasan siswa dalam dunia kerja. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk menghubungkan teori dengan praktik langsung di lapangan. Dalam kunjungan ini, siswa-siswa SMKN 4 Probolinggo mendapat kesempatan untuk mengunjungi berbagai industri di Surabaya dan Malang.

Kunjungan industri ini menjadi momen penting bagi siswa-siswa SMKN 4 Probolinggo untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi di berbagai perusahaan. Dengan didampingi oleh para guru pembimbing, mereka dapat memahami proses-proses yang terjadi di dalam industri dan melihat peran teknologi serta keahlian tertentu dalam menjalankan operasi harian perusahaan.

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi beberapa pabrik di Surabaya, salah satu pusat industri terbesar di Indonesia. Para siswa diajak untuk melihat langsung proses pembuatan produk mulai dari bahan baku hingga menjadi produk jadi. Mereka juga diberikan penjelasan mengenai teknologi yang digunakan serta standar keselamatan dan kualitas dalam produksi.

Setelah mengunjungi Surabaya, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Malang, kota yang terkenal dengan industri kreatif dan pariwisatanya. Di sini, siswa-siswa SMKN 4 Probolinggo mendapat kesempatan untuk mengunjungi studio-studio desain, perusahaan pengolahan makanan, dan tempat-tempat wisata yang menjadi ikon kota.

Kunjungan industri ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi siswa-siswa SMKN 4 Probolinggo tentang berbagai industri yang ada, tetapi juga menginspirasi mereka untuk mengejar karier di bidang yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Mereka dapat melihat beragam peluang pekerjaan yang tersedia di berbagai sektor industri, mulai dari manufaktur hingga pariwisata.

Selain itu, kunjungan industri juga memungkinkan siswa-siswa untuk berinteraksi langsung dengan para pekerja di lapangan. Mereka dapat bertanya-tanya tentang pengalaman kerja, tantangan yang dihadapi, dan keterampilan apa yang diperlukan untuk sukses dalam industri tersebut. Hal ini membantu mereka untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk memasuki dunia kerja di masa depan.

Pada kesempatan ini siswa juga mengunjungi beberapa kampus yang berada di Surabaya seperti Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, hingga Universitas Negeri Malang

Kegiatan kunjungan industri yang diselenggarakan oleh SMKN 4 Probolinggo ini merupakan bentuk komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan yang holistik dan relevan dengan tuntutan pasar kerja. Dengan menghubungkan teori dengan praktik langsung di lapangan, diharapkan para siswa dapat menjadi lulusan yang siap terjun langsung ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan demikian, kunjungan industri ini bukan hanya sekedar perjalanan wisata, tetapi juga merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter dan kesiapan kerja para siswa. Melalui pengalaman langsung ini, diharapkan mereka dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja dan dapat membuat pilihan karier yang tepat sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Scroll to Top