Kegiatan Belajar Mengajar di SMKN 4 Probolinggo

Kegiatan belajar mengajar adalah proses penyampaian ilmu atau transformasi ilmu yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Proses tersebut dapat dilakukan secara formal ataupun nonformal, disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada. Menurut Drs. Moh. Uzer Usman bahwa “Proses Belajar Mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar-mengajar”.

Kegiatan yang dilakukan merupakan inti dan pelaksanaan kurikulum. Baik buruknya mutu pendidikan atau mutu lulusan dipengaruhi oleh mutu kegiatan ini. Bila mutu lulusannya bagus dapat diprediksi mutu kegiatan belajar mengajarnya juga bagus, bila mutu kegiatan mengajar belajarnya bagus, maka mutu lulusannya juga akan bagus.

Hal ini sangat diperhatikan di SMKN 4 Probolinggo, karena memiliki ciri khusus sebagai SMK kemaritiman. Semua harus menjadi kebiasaan dan kedisiplinan sesuai kurikulum yang dirancang untuk kemaritiman. Berikut informasi lengkap mengenai kegiatan mengajar belajar di SMKN 4 Probolinggo klik disini

Menurut konsepsi dasar pendidikan modern, proses belajar mengajar mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu membangun dan mengembangkan potensi peserta didik. Pendidik sebagai pemimpin dalam proses belajar mengajar diharapkan mampu mendesain pembelajaran dengan baik. Dengan ini SMKN 4 Probolinggo terus berusaha lebih baik.

Scroll to Top