Jurusan di SMKN 4 Probolinggo

SMK Negeri 4 Kota Probolinggo didirikan pada tahun 2007 atas dasar pertimbangan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses pendidikan dan pelatihan yang murah dan berkualitas, dan sekaligus bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap pemenuhan kebutuhan dasar yaitu pendidikan khususnya jurusan Kemaritiman.

Sampai tahun pelajaran ini, jurusan yang di SMKN 4 Probolinggo terbagi dalam 6 program keahlian yaitu:
   1.  Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)
   2. Program Keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)
   3. Program Keahlian Nautika Kapal Niaga (NKN)
   4. Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP)
   5. Program Keahlian Teknik Otomotif (TO)
   6. Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV)

Dukungan Kemendikbud dan Dinas yang terkait akan sangat membantu dalam upaya Penguatan Pendidikan Kemaritiman sebagai upaya memenuhi kekurangan akan tenaga  Profesioanal, sehingga menjadi tamatan yang bermutu memiliki relefansi dan daya saing di dunia kerja.

SMKN 4 Probolinggo memang terkenal dengan istilah kemaritiman dengan adanya 4 jurusan khusus di bidang kelautan, seperti Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Kapal Penangkap Ikan, Nautika Kapal Niaga, dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan. Namun ada 2 jurusan yang bukan dari bidang kemaritiman yakni Teknik Kendaraan Ringan dan Desain Komunikasi Visual.

Siswa yang masuk di SMKN 4 Probolinggo melalui seleksi yang cukup ketat, terbukti dari lulusan yang dihasilkan. Hal ini menjadikan SMKN 4 Probolinggo diminati oleh masyarakat.

Sekilas SMKN 4 Probolinggo

Sekolah kami juga memiliki kurikulum yang mempersiapkan lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia kerja, dan dunia industri, serta siap bersaing. Terdapat banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh taruna taruni SMKN 4 Probolinggo, baik kegiatan akademik maupun non akademik. Banyak juga prestasi yang sudah diraih.

Untuk saat ini sarana dan prasarana SMKN 4 Probolinggo semakin membaik untuk memenuhi kegiatan pembelajaran maupun kegiatan penunjang minat dan bakat taruna taruni.

Telah banyak melakukan kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja, untuk mempersiapkan tempat praktek sekaligus tempat bekerja setelah lulus dari SMKN 4 Probolinggo

Scroll to Top