Expo dan Expose SMK Pusat Keunggulan Jawa Timur

Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar pameran karya dan inovasi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) dalam acara “EXPO dan EXPOSE SMK-PK”.

Acara ini dilaksanakan pada 27-31 Oktober 2022, yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat, 28 Oktober 2022.

Program unggulan Kemdikbud Ristek ini menargetkan lulusan sesuai tuntutan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (Dudika). Selain pilot projek SMK-PK juga menjadi rujukan bagi SMK lain mendongkrak pendidikan vokasi, baik hard skill dan soft skill. Sebanyak 204 SMKPK mengikuti unjuk karya inovasi SMK untuk menarik Dudika dan entrepreneur.

Acara ini dilaksanakan dengan meriah, bagus, dan lancar. Terbukti stand perwakilan dari SMKN 4 Probolinggo banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan yang hadir dalam acara tersebut. Menikmati dan mencoba karya yang disuguhkan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menjabarkan salah satu tantangan SMKPK adalah meningkatkan kualitas dan kinerja lembaga pendidikan. Lulusannya banyak diserap Dudika, selain itu mengharapkan SMKPK menjadi solusi ketenagakerjaan.

“SMK Pusat Keunggulan juga harus mampu menjadi penggerak pelaksanaan kurikulum merdeka. Untuk saat ini SMK-SMK di Jatim merupakan pelaksana IKM terbanyak diantara provinsi lainnya”. Semoga acara expo dan expose smk ini menjadi stimulus untuk berkarya lebih baik lagi. Hal ini akan ditunjukkan oleh SMKN 4 Probolinggo sebagai SMK Pusat Keunggulan di bidang kemaritiman (Center Of Excellence)

Center Of Excellence (COE) prioritas sektor Ekonomi Kreatif merupakan program pengembangan pusat keunggulan bagi SMK yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan SMK.

Kegiatan Expo dan Expose ini bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan siap bersaing di dunia industri. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan menghasilkan karya terbaik serta menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha sesuai bidang keahlian yang diminati.

Scroll to Top